Nasab (Silsilah Beliau)
Beliau
bernama Abdillah Muhammad Bin Shalih Bin Muhammad Bin Utsaimin Al-Wahib
At-Tamimi. Dilahirkan di kota Unaizah tanggal 27 Ramadhan 1347 Hijriyah.
Pertumbuhan Beliau
Beliau
belajar membaca Al-Qur’an kepada kakeknya dari ibunya yaitu Abdurrahman Bin
Sulaiman Ali Damigh Rahimahullah, hingga beliau hafal. Sesudah itu beliau mulai
mencari ilmu dan belajar khat (ilmu tulis menulis), ilmu hitung dan beberapa
bidang ilmu sastra.
Syaikh
Abdurrahman As-Sa’di Rahimahullah menugaskan kepada 2 orang muridnya untuk
mengajar murid-muridnya yang kecil. Dua murid tersebut adalah Syaikh Ali
Ash-Shalihin dan Syaikh Muhammad Bin Abdil Aziz Al-Muthawwi’ Rahimahullah.
Kepada yang terakhir ini beliau (syaikh Utsaimin) mempelajari kitab Mukhtasar
Al Aqidah Al Wasithiyah dan Minhaju Salikin fil Fiqh karya Syaikh Abdurrahman
As-Sa’di dan Al- Ajurrumiyah serta Alfiyyah.
Disamping
itu, beliau belajar ilmu faraidh (waris) dan fiqh kepada Syaikh Abdurrahman Bin
Ali Bin ‘Audan. Sedangkan kepada syaikh (guru) utama beliau yang pertama yaitu
Syaikh Abdurrahman Bin Nashir As-Sa’di, beliau sempat mengkaji masalah tauhid,
tafsir, hadits, fiqh, ustsul fiqh, faraidh, musthalahul hadits, nahwu dan
sharaf.
Belia
mempunyai kedudukan penting di sisinya Syaikhnya Rahimahullah. Ketika ayah
beliau pindah ke Riyadh, di usia pertumbuhan beliau, beliau ingin ikut bersama
ayahnya. Oleh karena itu Syaikh Abdurrahman As-Sa’di mengirim surat kepada
beliau: “Hal ini tidak mungkin, kami menginginkan Muhammad tetap tinggal di
sini agar dapat bisa mengambil faidah (ilmu).”
Beliau
(Syaikh Utsaimin) berkata, “Sesungguhnya aku merasa terkesan dengan beliau
(Syaikh Abdurrahman Rahimahullah) dalam banyak cara beliau mengajar, menjelaskan
ilmu, dan pendekatan kepada para pelajar dengan contoh-contoh serta
makna-makna. Demikian pula aku terkesan dengan akhlak beliau yang agung dan
utama sesuai dengan kadar ilmu dan ibadahnya. Beliau senang bercanda dengan
anak-anak kecil dan bersikap ramah kepada orang-orang besar. Beliau adalah
orang yang paling baik akhlaknya yang pernah aku lihat.”
Beliau
belajar kepada Syaikh Abdul Aziz Bin Baaz -sebagai syaikh utama kedua bagi
beliau- kitab Shahih Bukhari dan sebagian risalah-risalah Syaikh Islam Ibnu
Taimiyyah serta beberapa kitab-kitab fiqh.
Beliau
berkata, “Aku terkesan terhadap syaikh Abdul Aziz Bin Baz Hafidhahullah karena
perhatian beliau terhadap hadits dan saya juga terkesan dengan akhlak beliau
karena sikap terbuka beliau dengan manusia.”
Pada
tahun 1371 H, beliau duduk untuk mengajar di masjid Jami’. Ketika dibukanya
ma’had-ma’had al ilmiyyah di Riyadh, beliau mendaftarkan diri di sana pada
tahun 1372 H. Berkata Syaikh Utsaimin Hafidhahullah, “Saya masuk di lembaga
pendidikan tersebut untuk tahun kedua seterlah berkonsultasi dengan Syaikh Ali
Ash-Shalihin dan sesudah meminta ijin kepada Syaikh Abdurrahman As-Sa’di
Rahimahullah. Ketika itu ma’had al ilmiyyah dibagi menjadi 2 bagian, umum dan
khusus. Saya berada pada bidang yang khusus. Pada waktu itu bagi mereka yang
ingin “meloncat” – demikian kata mereka- ia dapat mempelajari tingkat
berikutnya pada masa libur dan kemudian diujikan pada awal tahun ajaran kedua.
Maka jika ia lulus, ia dapat naik ke pelajaran tingkat lebih tinggi setelah
itu. Dengan cara ini saya dapat meringkas waktu.”
Sesudah
2 tahun, beliau lulus dan diangkat menjadi guru di ma’had Unaizah Al ‘Ilmi
sambil meneruskan studi beliau secara intishab (Semacam Universitas Terbuka
-red) pada fakultas syari’ah serta terus menuntut ilmu dengan bimbingan Syaikh
Abdurrahman Bin Nashir As-Sa’di.
Ketika
Syaikh Abdurrahman Bin Nashir As-Sa’di wafat, beliau menggantikan sebagai imam
masjid jami’ di Unaizah dan mengajar di perpustakaan nasional Unaizah disamping
tetap mengajar di ma’had Al Ilmi. Kemudian beliau pindah mengajar di fakultas
syari’ah dan ushuludin cabang universitas Al Imam Muhammad Bin Su’ud Al
Islamiyah di Qasim. Beliau juga termasuk anggota Haiatul Kibarul Ulama di
Kerajaan Arab Saudi. Syaikh Hafidhahullah mempunyai banyak kegiatan dakwah
kepada Allah serta memberikan pengarahan kepada para Da’i di setiap tempat.
Jasa beliau sangat besar dalam masalah ini.
Perlu
diketahui pula bahwa Syaikh Muhammad Bin Ibrahim Rahimahullah telah menawarkan
bahkan meminta berulang kali kepada syaikh Utsaimin untuk menduduki jabatan
Qadhi (hakim), bahkan telah mengeluarkan surat pengangkatan sebagai ketua
pengadilan agama di Al Ihsa, namun beliau menolak secara halus. Setelah
dilakukan pendekatan pribadi, Syaikh Muhammad Bin Ibrahim pun mengabulkannya
untuk menarik dirinya (Syaikh Utsaimin -red) dari jabatan tersebut.
Karya-karya Beliau
Buku-buku yag telah ditulis oleh Syaikh
Utsaimin diantaranya adalah sebagai berikut:
1. Talkhis Al Hamawiyah, selesai pada
tanggal 8 Dzulhijah 1380 H.
2. Tafsir Ayat Al Ahkam (belum selesai).
3. Syarh Umdatul Ahkam (belum selesai).
4. Musthalah Hadits.
5. Al Ushul min Ilmil Ushul.
6. Risalah fil Wudhu wal Ghusl wash Shalah.
7. Risalah fil Kufri Tarikis Shalah.
8. Majalisu Ar Ramadhan.
9. Al Udhiyah wa Az Zakah.
10. Al Manhaj li Muridil Hajj wal Umrah.
11. Tashil Al Faraidh.
12. Syarh Lum’atul I’tiqad.
13. Syarh Al Aqidah Al Wasithiyah.
14. Aqidah Ahlus Sunnah Wal Jama’ah.
15. Al Qowaidul Mustla fi Siftillah wa
Asma’ihil Husna.
16. Risalah fi Annath Thalaq Ats Tsalats Wahidah
Walau Bikalimatin (belum dicetak).
17. Takhrij Ahadits Ar Raudh Al Murbi’
(belum dicetak).
18. Risalah Al Hijab.
19. Risalah fi Ash Shalah wa Ath Thaharah
li Ahlil A’dzar.
20. Risalah fi Mawaqit Ash Shalah.
21. Risalah fi Sujud As Sahwi
22. Risalah fi Aqsamil Mudayanah.
23. Risalah fi Wujubi Zakatil Huliyyi.
24. Risalah fi Ahkamil Mayyit wa Ghuslihi
(belum dicetak).
25. Tafsir Ayatil Kursi.
26. Nailul Arab min Qawaid Ibnu Rajab
(belum dicetak).
27. Ushul wa Qowa’id Nudhima ‘Alal Bahr Ar
Rajaz (belum dicetak).
28. Ad Diya’ Allami’ Minal Hithab Al
Jawami’.
29. Al Fatawaa An Nisaa’iyyah
30. Zad Ad Da’iyah ilallah Azza wa Jalla.
31. Fatawa Al Hajj.
32. Al Majmu Al Kabir Min Al Fatawa.
33. Huquq Da’at Ilaihal Fithrah wa
Qarraratha Asy Syar’iyah.
34. Al Khilaf Bainal Ulama, Asbabuhu wa
Muaqifuna Minhu.
35. Min Musykilat Asy Sayabab.
36. Risalah fil Al Mash ‘alal Khuffain.
37. Risalah fi Qashri Ash Shalah lil
Mubtaisin.
38. Ushul At Tafsir.
39. Risalah Fi Ad Dima’ Ath Tabiiyah.
40. As’illah Muhimmah.
41. Al Ibtida’ fi Kamali Asy Syar’i wa
Khtharil Ibtida’.
42. Izalat As Sitar ‘Anil Jawab Al Mukhtar
li Hidayatil Muhtar.
Dan masih banyak karya-karya beliau
hafidahullah ta’ala yang lain. Wallahu ‘alam.
Sumber: SALAFY Edisi
XIII/Sya’ban-Ramadhan/1417/1997
Judul Asli: “Tokoh Ahlus Sunnah dari
Unaizah”
Wafat Beliau (keterangan tambahan)
Sekarang beliau telah meninggal dunia.
Beliau meninggal pada hari Rabu 15 Syawal 1421 Hijriyah bertepatan dengan 10
Januari 2001 dalam usia yang ke 74. Semoga Allah merahmati beliau dan
memberikan balasan yang setimpal kepada beliau atas jasa-jasa beliau kepada
Islam dan Muslimin.
Sumber keterangan tambahan dinukil dari
catatan kaki kitab Syarah Tsalasatil Ushul edisi Indonesia “Penjelasan 3
Landasan Pokok yang Wajib Diketahui Setiap Muslim”
Penerbit Maktabah Al Ghuroba.
Sumber: ulamasunnah.wordpress.com